Pasar Kreasi
Graphic Design

Jenis-jenis Desain Grafis

Harry

Harry

Mungkin Anda hendak mengumumkan atau menjual sesuatu, menarik perhatian orang, menjelaskan suatu sistem yang rumit, atau mendemonstrasikan suatu proses. Dengan kata lain, Anda ingin menyampaikan suatu pesan. Bagaimana caranya? Bisa berbicara melalui radio atau secara langsung dari mulut ke mulut. Itulah yang dinamakan komunikasi verbal. Namun, jika menggunakan media visual seperti poster, logo, iklan di majalah, atau cover album, berarti Anda menggunakan bentuk komunikasi visual yang dinamakan desain grafis.

Desainer grafis erat kaitannya dengan sketsa, lukisan, foto, atau gambar digital, tapi juga berhubungan dengan bentuk huruf yang dapat bervariasi. Desainer membuat, memilih, dan mengatur elemen-elemen seperti tipografi dan gambar untuk menyampaikan suatu pesan.

Desain grafis adalah suatu proses kreatif yang menggabungkan seni dan teknologi untuk menyampaikan suatu ide atau pesan. Si desainer bekerja dengan banyak perangkat desain supaya pesan yang ingin disampaikan dapat dimengerti oleh publik. Namun, “senjata” utamanya adalah gambar dan tipografi.

 

Desain Gambar
Desainer membuat dan menyusun gambar untuk menyampaikan ide yang mau disampaikan oleh klien. Gambar bisa sangat mengagumkan dalam hal menyampaikan suatu pesan karena tidak hanya menyampaikan informasi, tapi juga rasa dan emosi.

Dalam hal desain memakai media gambar, gambar harus menampilkan keseluruhan pesan. Boleh juga dibantu sedikit kata-kata. Gambar ini bisa hasil foto, lukisan, sketsa, atau gabungan semuanya. Desain dengan media gambar dapat digunakan ketika sang desainer merasa bahwa gambar lebih representatif dibanding ribuan kata.

Desain Tulisan
Dalam beberapa kasus, desainer bergantung pada kata-kata untuk menyampaikan pesan. Namun, cara mereka menggunakannya sedikit berbeda dibanding pada umumnya sebuah tulisan.

Bagi desainer, bentuk sebuah huruf bisa sangat bermakna. Bentuk visual, tipografi, atau tulisan tangan bisa bermacam-macam fungsinya dalam komunikasi. Hasil desain dengan kata-kata bisa sangat mengagumkan dan memikat siapa pun yang melihatnya di, antara lain, sebuah poster, nama produk, atau judul sebuah buku. Desainer sangat berpengalaman dalam hal menyajikan informasi dalam bentuk visual, baik cetak atau digital.

Desain Gambar dan Tulisan
Terkadang desainer menggabungkan antara gambar dan tipografi huruf untuk menyampaikan pesan dari klien kepada publik. Mereka mencoba-coba segala kemungkinan antara kata-kata dan gambar, misalnya dari tata letak, ilustrasi, atau ukuran sampai mudah dan menarik untuk dimengerti orang lain.

Desainer adalah penghubung antara klien dan publik. Sebab, di satu sisi klien terlalu dekat sehingga tidak mengerti akan isi pesan tersebut. Di sisi lain, publik juga terlalu jauh untuk mengerti isi pesan tersebut. Desainer grafis harus berusaha menyusun pesan dan menyampaikannya secara sukses. Mereka bekerja sama dengan klien untuk mengerti isi dan tujuan pesan tersebut. Setelah konsepnya ditentukan, desainer bekerja dengan ilustrasi dan foto serta kata-kata untuk menghasilkan desain yang bagus.

Simbol dan Logo
Simbol dan logo sangatlah spesial karena bisa menyingkat suatu pesan. Simbol adalah representasi abstrak dari sebuah ide atau identitas, sedangkan logo adalah identifikasi suatu perusahaan yang berupa permainan atau tipografi kata-kata. Untuk membuat identifikasi semacam ini, desainer harus punya pengetahuan dan pengalaman yang luas. Juga, harus mengerti pesan yang ingin disampaikan oleh klien. 

Selain keempat macam desain grafis di atas, ada satu jenis lagi desain yang mulai marak, yakni desain interior rumah. Mungkin, desain semacam ini sedikit berbeda dengan desain kebanyakan. Namun, pada intinya tetap sama, yakni menyampaikan pesan. Dalam hal ini, pesan yang ingin disampaikan adalah rasa enak dan bagusnya interior rumah menurut si pemilik rumah.

Biasanya, pemilik rumah berperan cukup banyak dan agak rewel dalam pembangunan rumahnya. Maklum saja, kalau ada sesuatu yang salah, pasti ada yang terasa mengganjal di rasanya. Jadi, kalau Anda mau menjadi desain di bidang bangunan, haruslah tahan mendengar kritik dari sang klien. (harry)

Sumber: Graphic Design: A Career Guide and Education Directory

Foto: Google

 


Print
Kirim
Cetak PDF
Arsip
RSS


  More News
.
Bagaimana memulai belajar Desain Grafis? Memang itu sebuah pertanyaan yang sangat mendasar bagi seorang desiner pemula.

.
Program ini sering digunakan untuk keperluan pembuatan brosur, pamflet, booklet, poster, dan lain yang sejenis.

RSS